kreatif ku: karya tulis 'ternyata tuhan itu ada'

“ TENYATA TUHAN ITU ADA “
PENULIS : ASNAN
NIM : 2013.201.00111
JURUSAN : SISTEM INFORMASI
STMIK SPB AIRLANGGA

Sebagai seorang yang beragama, baik Agama Islam maupun Agama lainnya  tentu mempercayai bahwa Tuhan itu ada. Sebagai seorang muslim kita harus percaya bahwa Tuhan itu ada. Percaya kepada Tuhan (Allah) terdapat di dalam Rukun Iman yang Pertama, yaitu Iman kepada Allah. Seseorang tidak dikatakan beriman kepada Allah hingga dia mengimani 4 hal: Mengimani adanya Allah. Mengimani rububiah Allah, bahwa tidak ada yang mencipta, menguasai, dan mengatur alam semesta kecuali Allah. Mengimani uluhiah Allah, bahwa tidak ada sembahan yang berhak disembah selain Allah dan mengingkari semua sembahan selain Allah Ta’ala. Mengimani semua nama dan sifat Allah (al-Asma'ul Husna) yang Allah telah tetapkan untuk diri-Nya dan yang Nabi-Nya tetapkan untuk Allah, serta menjauhi sikap menghilangkan makna, memalingkan makna, mempertanyakan, dan menyerupakanNya.

Pembuktian dengan Akal bahwa Allah itu ada yaitu :


1.       Makhluk itu tidak akan bisa menciptakan dirinya sendiri karena makhluk itu tidaklah ada sebelum dia diciptakan. Kalau demikian keadaannya maka mana mungkin dia bisa menjadi pencipta. Kalau makhluk bukan pencipta, maka tentu ada sesuatu sesuatu selain makhluk yang menciptakan dia, yaitu Allah Sang Pencipta (Al Khaliq).

2.      Makhluk itu tidak akan mungkin terbentuk dengan sendirinya secara tiba-tiba tanpa ada asal-usul dan sebab-musabab, karena segala sesuatu yang baru itu mestilah ada yang menciptakannya pertama kali. Kalau sudah jelas bahwa makhluk itu tidak mungkin tercipta dengan sendirinya secara tiba-tiba, maka pastilah ada yang menciptakannya dan mengaturnya, yaitu Allah subhanahu wa ta’ala.
Firman Allah dalam Al-Qur’an tentang penciptaan manusia terdapat dalam Surah Al-Alaq ayat 1-5 :
(3) الْأَكْرَمُ وَرَبُّكَ اقْرَأْ (2) عَلَقٍ مِنْ الْإِنْسَانَ خَلَقَ (1) خَلَقَ الَّذِي رَبِّكَ بِاسْمِ اقْرَأْ
(5) يَعْلَمْ لَمْ مَا الْإِنْسَانَ عَلَّمَ (4) بِالْقَلَمِ عَلَّمَ الَّذِي
Artinya:
“(1) Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang telah menciptakan. (2) Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. (3) Bacalah, dan Tuhanmu adalah Maha Pemurah. (4) Yang mengajar (manusia) dengan perantaran qalam (alat tulis) (5) Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.”

Dengan adanya siang dan malam juga membuktikan bahwa Allah itu ada, Firman Allah dalam Al-Qur’an Surat Fussilat ayat 37 :
لِلْقَمَرِ وَلَا لِلشَّمْسِ تَسْجُدُوا لَا وَالْقَمَرُ وَالشَّمْسُ وَالنَّهَارُ اللَّيْلُ آيَاتِهِ وَمِنْ
تَعْبُدُونَ إِيَّاهُ كُنتُمْ إِن خَلَقَهُنَّ الَّذِي لِلَّهِ وَاسْجُدُوا
Artinya :
Dan sebagaian dari tanda-tanda kekuasaan-Nya adalah malam, siang, matahari dan bulan . Janganlah bersujud pada matahari dan janganlah (pula) kepada bulan, tapi bersujudlah pada Allah, yang menciptakannya,  jika kamu hanya kepada-Nya berserah diri “.  (QS, 41;37)

Tidak ada sesuatu urusan makhluqpun yang tersembunyi dari-Nya, dan Allah yang Maha Perkasa mengabarkan bahwa Dia menjadikan malam menutup siang dengan kegelapannya, kemudian siang mengikutinya dengan cepat, Diapun mengabarkan bahwa Dia menciptakan matahari, bulan dan bintang-bintang, semuanya tunduk dan berjalan diatas peredarannya dengan perintah-Nya, dan Allah mengabarkan juga bahwa hanya bagi-Nya lah urusan penciptaan dan pengaturan alam semesta ini, Dia  yang Maha Sempurna Dzat dan sifat-sifat-Nya, yang memberikan kebaikan yang banyak dan terus-menerus, dan Dialah Rob alam semesta yang menciptakan mereka dan mendidiknya dengan nikmat-Nya.

Selain ayat di atas terdapat juga Surah di dalam Al-Qur’an yang membuktikan bahwa Allah itu ada, salah satunya surah Al-Mulk ayat 1-3 :

﴾١﴿ قَدِيرٌ شَيْءٍ كُلِّ عَلَىٰوَهُوَ الْمُلْكُ بِيَدِهِ الَّذِي تَبَارَكَ
﴾٢﴿ الْغَفُورُ الْعَزِيزُ وَهُوَ ۚ عَمَلًا أَحْسَنُ أَيُّكُمْ لِيَبْلُوَكُمْ وَالْحَيَاةَ الْمَوْتَ خَلَقَ الَّذِي
ۖ تَفَاوُتٍ مِن الرَّحْمَـٰنِ خَلْقِ فِي تَرَىٰمَّا ۖ طِبَاقًا سَمَاوَاتٍ سَبْعَ خَلَقَ الَّذِي
﴾٣﴿ فُطُورٍ مِن تَرَىٰهَلْ الْبَصَرَ فَارْجِعِ
Artinya :
1.   Maha Suci Allah yang ditangan-Nya-lah segala kerajaan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu,
2.  Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa diantara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.
3.  Yang telah menciptakan tujuh langit berlapis-lapis. Kamu sekali-kali tidak melihat pada ciptaan Tuhan Yang Maha Pemurah sesuatu yang tidak seimbang. Maka lihatlah berulang-ulang, adakah kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang ?


Demikianlah pembahasan tentang pembuktian bahwa Allah subhanahu wa ta’ala itu benar-benar ada. Dia memang tidak dapat di dunia namun dapat dilihat di akhirat oleh orang-orang yang beriman (lihat pembahasannya di sini). Semoga pembahasan ini dapat menambah keyakinan dan kekuatan iman kita kepada Allah ‘azza wa jalla.
1 Komentar untuk "kreatif ku: karya tulis 'ternyata tuhan itu ada'"

Maha pencipta itu mungkin ada tetapi Kitab-kitab semua agama didunia saat ini itu bukanlanlah ucapan/firman sang maha pencipta itu tetapi lebih merupakan ramalan tambah dongeng tambah khayalan yang dirangkum dalam prosa.

Back To Top